Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEMUA ORANG PERNAH BERSALAH, TETAPLAH OPTIMIS

setiap-orang-pernah-bersalah

Semua orang pernah salah dan pernah melakukan kesalahan, bahkan orang yang kita anggap sukses sekalipun telah melakukan banyak sekali kesalahan.

Karena kesalahan itulah mengantarkannya ke kesuksesan. Tanpa kesalahan itu mungkin ia hanya menjadi orang umum yang tidak sesukses itu.

Kesempurnaan tanpa kesalahan itu tidak ada, jikapun ada itu hanya idealisme yang berwujud hanya didalam pikiran, ia tidak pernah ada didunia nyata.

Kenapa harus menganggap kesalahan sebagai hal buruk?
Sejatinya kesalahan mengandung banyak arti dan makna, mengapa tidak melihatnya dari sisi yang mengantarkan kita ke arah lebih baik.

Jika kita ambil contoh orang super kaya dengan deretan kesuksesannya sekalipun telah melalui begitu banyak penolakan, kegagalan, kerugian, dikhianati , ditipu bahkan dikeluarkan dari perusahaan yang dia rintis sendiri.

Namun akhirnya karena kegagalan itulah mereka bangkit ke titik keberhasilan. Memang tidak ada orang yang tidak ingin melakukan kesalahan, semua orang inginnya semuanya sempurna dan tidak memeliki kesalahan sedikitpun. Namun sayangnya itu hanyalah angan.

Jika kita berpikir kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan tanpa kesalahan maka itu bisa disebut sebagai membodohi diri sendiri dengan khayalan tidak masuk akal.

Membodohi diri dengan imajinasi yang mungkin saja dibentuk oleh apa yang kita lihat di tv atau di sosial media yang memamerkan hasil berupa barang branded atau mobil mewah sebagai bentuk kesuksesannya.

Tapi dibalik itu semua, menyimpan pengorbanan yang setimpal, berupa capek kerja keras, pengorbanan dengan berbagai kegahalan didalamnya.

Umumnya kesalahan terjadi karena yang melakukannya masih kurang paham (kurang perngetahuan ) atau bisa juga karena lupa dan ketidaksengajaan.

TIDAK ADA ORANG YANG TIDAK PERNAH SALAH

Kesalahan itu hal wajar selama tidak ada unsur kesengajaan didalamnya mengingat manusia makhluk yang seting salah.

Jika ingin mencari manusia yang tidak ernah melakukan kesalahan maka dapat dipastikan bahwa dia yang tidak pernah salah adalah yang tidak pernah melakukan sesuatu.

ORANG BAIK ITU TIDAK PERNAH SALAH?

Apakah selama ini kita beranggapan bahwa orang yang baik itu orang yang tidak pernah salah?

Well, itulah pemikiran keliru yang bias, pemikiran yang dianggap benar padahal jika ditelaah lebih lanjut penuh kekeliruan.

Justru orang baik itu pernah bahkan melakuakan kesalahan namun ia mau mengakui kesalahan yang ia lakukan bahkan meminta maaf apabila menyakngkut kesalahan itu dengan orang lain.

Lalu ia mau memperbaiki kesalahan sekaligus mengambil pelajaran darinya. Itulah manusia yang baik.

BELAJAR BERDAMAI DENGAN KESALAHAN

jika memang kesalahan akan tetap ada sebagai bumbu juga bagian dari kehidupan ada baiknya sebelum berangkat untuk memperbaiki dan juga instrospeksi, menerima kesalahan sebagai hal wajar.

Setiap orang pasti melakukan kesalahan, manusia tempatnya salah dan silap. Begitulah kata bijak dari orangtua, sejatinya bukan kesalahan itu yang membuat kita gagal melangkah sekaligus penghalang dalam hidup tapi cara kita menyikapinya lah yang menjadi alasannya.

Berdamai dengan kesalahan menjadi hal yang wajib dilakukan agar bisa tenang dan memposisikan kesalahan sebagai hal wajar juga manusiawi.

semua-orang-pernah-bersalah-tetap-optimis


TETAP OPTIMIS

kadangkala kesalahan yang kita lakukan membuat kita down, sedih bahkan mungkin menjatuhkan mental.

Tapi ingatlah untuk tetap optimis, bisa dilakukan dengan menggeser fokus dari tadinya ke hal negatif dengan mengganti sudut pandang ke positif.

Ini juga menjadi hal yang sulit dilakukan apalagi setelah melakukan kesalahan bahkan juga disalahkan oleh pihak lain.

Tapi walaupun begitu cukup tanamkan optimisme dalam hati agar tidak terpengaruh.

JADIKAN ALASAN UNTUK MAJU

Kesalahan sejatinya tidak selalu jelek dan negatif, dengan kesalahan juga bisa membantu kita melihat sisi yang kurang dari diri kita sehingga dengan itu bisa meningkatkan menjadi lebih baik.

Apabila diperlukan tanyalah kepada temanmu apa yang bisa diambil dari kesalahan yang telah dilakukan, minta dia memberikan feedback  agar menjadi masukan yang membangun bagimu.

TERUS UPDATE DIRI DAN PENGETAHUAN

Dikarenakan kekurangan  pengetahuan umumnya  menjadi dasar kesalahan, maka diperlukan upaya untuk mengupgrade mulai melatih skill kemampuan yang selama ini kurang.

Bisa juga dengan menambah wawasan pengetahuan agar lebih bijak dalam mengambil keputusan agar terhindar dari kesalahan.

Dengan berlatih dan terus menambah pengetahuan maka sesuatu pasti akan menjadi lebih baik dan lebih bijaksana.

KESALAHAN ITU MELAHIRKAN KEBIJAKSANAAN

Kebijaksanaan adalah modal penting bagi setiap orang dalam menjalani hidup.
Ingat kesalahan untuk diambil pelajaran dibaliknya bukan untuk diulangi.

Semakin banyak kesalahan dalam bentuk kegagalan pada akhirnya membentuk pribadi menjadi lebih bijaksana.

Juga menjadi seseorang menjadi pribadi yang mempunyai nilai dan prinsip.

KESALAHAN ITU SEPERTI OBAT, PAHIT NAMUN MENYEMBUHKAN

Kesalahan itu memanglah pahit, menyakitkan bahkan akan menjadi kenangan buruk sepanjang itu.

Apalagi jika kesalahan itu dilakukan oleh orang lain yang mempunyai hubungan baik kepada kita, rasa sakit akan timbul berkali-kali lipat.

Namun percayalah bahwa dibalik rasa sakit yang ditimbulkan dari kesalahan itu maka sejatinya ia menjadi obat yang mampu menyembuhkan.

Kesalahan mampu menjadi pengingat bahkan penjaga agar tidak melakukan hal yang sama, bahkan agar lebih hati-hati.

NEVER BLAME ANYONE IN YOUR LIFE, GOOD PEOPLE BRING YOU HAPPINESS, BAD PEOPLE BRING U EXPERIENCE
jangan salahkan siapapun dalam hidupmu, orang baik  memberimu kebahagiaan, orang jahat memberimu pengalaman.

KESIMPULAN

Hidup adalah proses perjalanan panjang yang berliku, didalamnya ada keberhasilan juga kegagalan, kegagalan identik dengan kesalahan.

Dibalik kesalahan itu pasti ada pelajaran berharga, ambillah hikmah darinya, jadikan ia pelajaran berharga dan modal untum melangkah.

Apabila melakukan kesalahan maka jangan sungkan untuk minta maaf dan menjabat tangan.
Kesalahan juga menjadi salah satu dari 2 sikap dalam hidup, karena keberhasilan kebenaran dan kesalahan kegagalan silih berganti, datang dan pergi. Maka sikapilah dengan pikiran jernih dan bijaksana.

So, tetaplah optimis dan terus bergerak walaupun terkadang kesalahan sering menghampiri.
Mudah-mudahan bermanfaat ya ...

Post a Comment for "SEMUA ORANG PERNAH BERSALAH, TETAPLAH OPTIMIS"