Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hidup itu perlu masalah?


hidup-itu-perlu-masalah

Hidup itu perlu masalah - Masalah memang menjadi musuh bagi banyak orang, mendengarnya saja mereka tidak mau karena akan membuat mereka pusing bingung marah dan berbagai emosi lainnya.

Namun masalah pada dasarnya adalah hal biasa yang bersifat netral, tidak baik dan tidak buruk.

Interaksi kita dengan peristiwa itulah atau  keadaan itulah yang kemudian menafsirkan dan melabeli sebuah kejadian atau hal sebagai masalah sehingga justru bersikap antipati dengan menolaknya.

Masalah pada dasarnya mengandung pesan rahasia didalamnya yang disebut hikmah ataupun pelajaran oleh kebanyakan orang, jadi semakin banyak masalah menimpa sejatinya adalah semakin banyak juga hikmah dan pelajaran didapat yang nantinya akan terakumulasi menjadi kebijaksanaan.

Kebijaksanaan itu bisa dikatakan hasil dari pengetahuan ditambah pengalaman yang bersifat subjektif yang akan menjadi panduan dan peta seseorang dalam menjalani kehidupannya.

Namun pada suatu kasus, apa jadinya jika hidup kita tidak pernah ada masalah atau masalah tidak pernah ada didalam hidup ini, dalam artian hidup hanya penuh kesenangan tanpa masalah?

Sebuah pertanyaan simpel yang tentunya membutuhkan pemikiran untuk menjawabnya.

Well, hidup bisa dikatakan adalah harmonisasi dari alam semesta yang terus berputar secara alami teratur seimbang dan harmonis.

Sudah menjadi hukum alam pula bahwa apapun yang ada didunia ini diciptakan berpasang-pasangan, layaknya bintang dan bulan, bumi dan langit, bahkan siang menemani sang malam, maka akan menjadi tidak harmoni dan menyalahi hukum alam jika hidup ini hanya berisi kesenangan saja tanpa masalah sebagai pasangannya.


Bukankah sesuatu yang diperjuangkan dengan susah payah akan menjadi kenikmatan yang tak ternilai.

Begitupun dengan  masalah, yang begitu kita berhasil menyelesaikannya maka akan mendapat reward berupa perasaan lega, berisi hikmah dan pelajaran yang akan meningkatkan kualitas kita sebagai manusia.

hidup-perlu-masalah?

Hidup justru akan terasa lebih nikmat ketika berhasil melewati sebuah kejadian buruk atau keadaan tidak mengenakkan yang sering dianggap sebagai masalah.
Sebuah quotes mengatakan bahwa semakin gelapnya malam maka sinar sekecil apapun akan tampak begitu terang. Begitu pula dengan kehidupan , karena begitu banyak masalah maka kemudahan sekecil apapun akan terasa lebih nikmat.


HIDUP ITU MEMANG MASALAH DAN UJIAN

Masalah dan ujian selayaknya memang menjadi pasangan kehidupan. Karena memang pada dasarnya masalah itu ada sebagai ujian atau test kepada manusia.

Maka tidak ada manusia yang tidak memiliki masalah dalam hidupnya. Tugas kita bukan menghilangkan masalah atau bahkan lari dari masalah, tapi menghadapi dan menyeleasaikan masalah sebaik mungkin.

Tak perlu panik jika dirasa masalah itu berat, berdoalah keada Tuhan Sang Pencipta agar dikuatkan menghadapinya, lalu belajar lah dan perbanyak pengetahuan dan pengalaman.

# MASALAH MENGAJARKAN ARTI SEBUAH PERJUANGAN DAN PENGORBANAN

Bagaimana tidak, untuk mencapai sesuatu yang tinggi maka sudah barang tentu memerlukan pengorbanan yang tinggi pula.

Umumnya orang yang sudah melewati berbagai masalah dan rintangan kehidupan akan membuat hidupnya lebih tangguh, setiap berhasil melaluinya maka ia akan menjadi moment yang tak terlupakan.

Masalah juga membuat seseorang menjadi pemberani, berani mengambil keputusan yang sulit sekalipun, dan akan mendesaknya mencari solusi bahkan yang out of the box.

# MASALAH MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP

masalah bukanlah hal datang tanpa diundang tanpa maksud, ia penuh hikmah dan juga nilai.

Masalahnya adalah kita cenderung pesimistis dalam memandang masalah sehingga tidak bisa melihat masalah secara jelas.

Yang terjadi adalah bias dan kabut tebal menyelimuti pandangan dalam melihat sebuah masalah.

Lalu kita hanya apatis dan tidak peduli, padahal jauh dibalik itu terdapat nilai yang akan meningkatkan kualitas hidup jika berhasil  melewatinya.

# DIPERLUKAN KEPEKAAN DAN KELAPANGAN HATI DALAM MENYIKAPI MASALAH

Jika kita mau jujur, apakah hidup tanpa masalah akan membuat kehidupan kita akan maju atau membuat kehidupan berkembang?

Well, not really. Karena dibalik sebuah masalah yang akan nantinya dicarikan solusi jalan keluar pasti akan membawa seseorang ke tahap selanjutnya dalam hal kehidupan yang pastinya membuatnya jauh lebih berkembang dari sebelumnya.

Juga membuat kehidupan jauh dari kata monoton dan kaku, hidup tanpa masalah akan membuat hidup terasa hambar, karena sudah menjadi hukum alam bahwa semuanya berdasarkan dualisme pasangan yang saling melengkapi, nikmat santai karena penuh dengan kesibukan, nikmatnya liburan sesudah sibuk bekerja dan begitu seterusnya.

Mengorbankan waktu tenaga bahkan pikiran untuk mencapai hal yang diinginkan.

hidup-itu-perlu-masalah

# TETAPLAH TENANG

Tetaplah tenang, dengan begitu masalah hanya akan menjadi masalah apa adanya tanpa membiarkan kabut membuat seolah masalah itu besar, padahal sejatinya masalah tetaplah  sebesar apa adanya, pikiranlah yang membuatnya terlihat besar.

Setelah tenang, maka bisa dicari akar masalah dan step-step yang dianggap bisa membawa solusi.

Diperlukan kepekaan dan kelapanganhati  dalam menyikapi masalah.

Jika kita mau jujur, apakah hidup tanpa masalah akan membuat kehidupan kita akan maju atau membuat kehidupan berkembang?

Well, not really. Karena dibalik sebuah masalah yang akan nantinya dicarikan solusi jalan keluar pasti akan membawa seseorang ke tahap selanjutnya dalam hal kehidupan yang pastinya membuatnya jauh lebih berkembang dari sebelumnya.

Juga membuat kehidupan jauh dari kata monoton dan kaku, hidup tanpa masalah akan membuat hidup terasa hambar, karena sudah menjadi hukum alam bahwa semuanya berdasarkan dualisme pasangan yang saling melengkapi, nikmat santai karena penuh dengan kesibukan, nikmatnya liburan sesudah sibuk bekerja dan begitu seterusnya.

Adapun masalah memiliki andil besar dalam membentuk karakter seseorang, karena dengan hadirnya masalah akan men challenge pemikiran seseorang mencari solusi bagi masalah yang di hadapinya.

Disamping itu masalah juga membuat karakter seseorang menjadi lebih kuat dan lebih tahan banting dibanding orang yang jarang menghadapi masalah, masalah boleh dikatakan sebagai guru yang langsung memberikan pengalaman berharga yang akan selalu diingat.

Intinya, semakin banyak masalah dan rintangan dalam hidup akan menaikkan kualitas hidup seseorang, dengan menghadirkan berbagai hal psoitif mulai dari bersyukur, berserah diri dan tidak sombong apalagi membanggakan diri.

Masalah juga menjadi penanda bahwa manusia itu masih hidup didunia, buktinya masih mengikuti berbagai ujian kehidupan bernama masalah.

Semoga tulisan singkat menambah pengetahuan wawasan dan juga cara menyelesaikan masalah dari sudut pandang berbeda.

Bagi yang dalam masalah mudah-mudah masalahnya cepat kelar dan mendapat solusi.

Tetap sabar, optimis dan jalani prosesnya.

Post a Comment for "Hidup itu perlu masalah?"